Cara Koneksi Database Mysql dengan PHP

Membuat Koneksi Database MySQL dengan PHP


Jiahhaha mumpung lagi ada waktu senggang nih sobat, ane mau kasih tutorial simpel membuat koneksi database MySQL dengan PHP. Pada tutorial sebelumnya ane share koneksi dengan menggunakan java beans(Netbeans) nah sekarang pake PHP (bukan pemberi harapan palsu ya !! xP)

PHP adalah kepanjangan dari "PHP Hypertext Preprocessor". PHP sendiri awalny kependekan dari" PERSONAL HOME PAGE TOOLS" dan sebagian besar pengembang web membuat konten dinamis yang berintaeraksi dengan database melalui PHP.


Database adalah sekumpulan data yang telah terorgarnisir sehingga memudahkan program komputer ntuk mengakses kebagian data yang di buthkan. Database yang akan saya gunakan pada tutorial ini adalah database MySQL.


Pertama kali yang harus sobat lakukan adalah membuka koneksi database dan setelah terbuka database kita dapat melakukan beberapa fungsi  yang berbeda sperti skema CRUD( menambahkan, menghapus, memperbaharui dan mengubah data) dalam table database MySQL.


Gambar di bawah ini adalah contoh hasil akhir jika berhasil

Cara Membuka Koneksi dengan Database MySQL PHP

PHP memiliki banyak fungsi berbeda yang telah built-in untuk memanipulasi database. Berikut ini adalaha fungsi-fungsi built-in, dan sobat pasti akan menemukan ketika membuat aplikasi yang berhubungan dengan PHP dan MySQL:

Skrip PHP
1 mysql_connect()
2 mysql_select_db()
3 mysql_close()

Open Koneksi ke Database MySQL PHP

Seperti yang telah di sebutkan, sebelum merubah isi tabel dari database, pertama sobat harus mulai adalah membuat skrip agar terhubugn ke datbase. Fungsi mysql_connect(), sesuai namanya, di gunakan untuk menghubungkan ke database MySQL.

< php

$user_name = "root";
$password = "";
$database = "nyekripdatabase";
$host_name = "localhost"; 
 
mysql_connect($host_name, $user_name, $password);
 
echo "Koneksi Terbuka";
? >

Perhatikan empat baris pada sckrip pertama yang ditunjukkan di atas, skrip tersebut merupakan pengaturan variabel. Variabel pertama adalah $user_name sedangkan variabel kedua adalah $password, variable pertama berisi nilai root sedangkan variabel keda berisi "" alias kosong, kita menetukan nilai ini karena nilai ini adalah nilai default untuk database MySQL.

Berikutnya adalah variabel $database yang berisi nama database yang ingin di tuju dan variable $host_name yang berisi nama host tempat database berasal. Jika sobat belum mempunya server lokal yang berisi PHP dan MySQL, sobat bisa mengikuti di tutorial selanjutnya ( cara instal Xampp Web server ) yang akan saya tuliskan setelah tutorial ini selesai.

INFO
Jika anda menggunakan database MySQL yang berasal dari XAMPP, maka nama host adalah “localhost” -tanpa tanda petik-, dengan asumsi bahwa database anda berada padalokal komputer. Pada kasus lain nama host juga bisa berupa nama lainnya dan jugabisa berupa IP.

Skrip PHP

mysql_connect($host_name, $user_name, $password);

Baris Skrip PHP di atas digunakan untuk terhubung dengan database dan pada umumnya berisi tiga parameter termasuk nama host, username dan password database yang baru saja kita isi sebelumnya pada variabel.

Jika tidak ingin menggunakan variabel, maka kita bsisa langsung menggunakan nillai tersebeut seperti yang ditunjukan di bawah ini:

Skrip PHP

mysql_connect('localhost','root','');

Menentukan Dataabase yang ingin dibuka

Pada kode yang telah ditunjukkan di atas, kita telah menyatakan variabel $database berisi nama database yang sobat tuju. Mari sobat kita menggunakan variabel tersebut untuk cek apakah database tersebut tersedia atau tidak.

Skrip PHP

< ?php
 
$user_name = "root";
$password = "";
$database = "peta_kapal";
$host_name = "localhost"; 
 
mysql_connect($host_name, $user_name, $password);
 
mysql_select_db($database);
 
echo "Koneksi Terbuka";
 
? >

Hasil dari Skrip setelah di compile



Berikut source code lengkap untuk koneksi database MySQL:



< html>
    < head>
        
        < title>< /title>
    < /head>
    < body>
        < ?php
 
$user_name = "root";
$password = "";
$database = "peta_kapal";
$host_name = "localhost";
 
$connect_db=mysql_connect($host_name, $user_name, $password);
 
$find_db=mysql_select_db($database);
 
if ($find_db) {
 
 $query = "SELECT * FROM otentikasi";
 $hasil = mysql_query($query);
 
 while ( $kolom_db = mysql_fetch_assoc($hasil) ) {
 
  echo $kolom_db['waktu_pembuatan'] . "
";
  echo $kolom_db['nama_pengguna'] . "
";
  echo $kolom_db['sandi_pengguna'] . "
";
  echo $kolom_db['otorisasi_pengguna'] . "
";
 
 }
 
  mysql_close($connect_db);
 
}else {
 
  echo "Database Tidak Ada";
 
  mysql_close($connect_db);
 
}
 
? >
    < /body>
< /html>




Share this

Related Posts

First